Senin, 30 Maret 2009

Needs Assessment Pengembangan Kompetensi Dosen dan Staf pendukung Akademik STIKes Perdhaki Charitas Palembang


Pada tanggal 24 – 25 November 2008, P4-USD dengan dukungan FKIP dan Fakultas Farmasi USD mengirimkan dua tenaga ahli ke STIKes Perdhaki Charitas (SPC) Palembang. Keduanya adalah Dr. Susento, M.S. dari FKIP dan Yosef Wijoyo, S.Si., Apt., M.Si. dari Fakultas Farmasi USD. SPC mengundang mereka dalam rangka kerjasama antara P4-USD dan SPC untuk menyusun program pengembangan kompetensi pedagogis dosen dan staf pendukung akademik SPC.

SPC merupakan institusi pendidikan tinggi terkenal di kota Palembang yang dikelola oleh Konggregasi Suster St. Fransiskus Charitas. SPC menyiapkan tenaga ahli di bidang keperawatan dan kebidanan dengan dukungan dari organisasi Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (PERDHAKI) wilayah Palembang dan dua rumah sakit besar (RS Charitas dan RS Myria) di Palembang milik Konggregasi Suster yang sama. Pada saat ini, SPC menyelenggarakan tiga Program Studi (Prodi), yaitu S1 Keperawatan, D3 Keperawatan, dan D3 Kebidanan. SPC sedang menyiapkan pembukaan dua Prodi baru, yaitu D3 Analis Kesehatan dan D3 Perekam Medik. Mahasiswa SPC berjumlah 563 orang, yang dilayani oleh 24 dosen tetap dan 65 dosen tidak tetap.

Kehadiran tenaga ahli di kampus SPC selama dua hari diisi dengan kegiatan penilaian kebutuhan (needs assessment) pengembangan kompetensi. Kegiatan yang dilakukan meliputi: (i) analisis dokumen kebijakan dan pedoman akademik, (ii) diskusi kelompok fokus dengan Pimpinan SPC (Ketua dan para Pembantu Ketua), (iii) diskusi kelompok fokus dengan Pimpinan ketiga Prodi (Ketua dan Sekretaris), (iii) diskusi kelompok fokus dengan para dosen tetap, (iv) diskusi kelompok fokus dengan perwakilan mahasiswa, dan (v) observasi kegiatan perkuliahan dan praktik.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan penilaian kebutuhan di atas adalah: (i) rumusan kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogis dosen dan staf pendukung akademik SPC, serta (ii) rancangan program pengembangan terkait.

Susento
2 April 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar