Senin, 30 Maret 2009

Pelatihan Student-centered Learning dengan Dukungan Presentasi PowerPoint dan Sumber Internet untuk Dosen STIKes Perdhaki Charitas Palembang

Pada tanggal 23 – 25 Maret 2009, dua orang dosen USD memberikan pelatihan bagi para dosen STIKes Perdhaki Charitas (SPC) Palembang. Keduanya adalah Dr. Susento, M.S. dari FKIP USD dan Yosef Wijoyo, S.Si., Apt., M.Si. dari Fakultas Farmasi USD. Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak-lanjut kerjasama antara P4-USD dan SPC dalam program pengembangan kompetensi pedagogis dosen dan staf pendukung akademik SPC.
SPC merupakan institusi pendidikan tinggi terkenal di kota Palembang yang menyiapkan tenaga ahli di bidang keperawatan dan kebidanan. SPC dikelola oleh Konggregasi Suster St. Fransiskus Charitas dengan dukungan dari organisasi dokter Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (PERDHAKI) dan dua rumah sakit besar (RS Charitas dan RS Myria) di Palembang. SPC menyelenggarakan 3 program studi, yaitu S1 Keperawatan, D3 Keperawatan, dan D3 Kebidanan. Mahasiswa SPC berjumlah 563 orang, yang dilayani oleh 24 dosen tetap dan 65 dosen tidak tetap.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen SPC dalam menyelenggarakan perkuliahan berpola student-centered learning (SCL) dengan dukungan presentasi PowerPoint dan sumber Internet. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ketua SPC, dr. F. Hadi Halim, SpPD(K). Setelah memperoleh pemahaman mengenai prinsip-prinsip dan metode-metode SCL, peserta pelatihan melakukan kegiatan simulasi perkuliahan untuk mempraktikkan tia-tiap metode. Pada tahap ini, kegiatan simulasi belum melibatkan media komputer. Hal ini dimaksudkan untuk menegaskan karakteristik SCL. Pada tahap berikutnya, kepada peserta pelatihan diberikan pemahaman mengenai peranan presentasi PowerPoint dalam SCL dan peranan Internet sebagai bahan ajar dosen dan sumber belajar mahasiswa. Peserta kemudian diberi kesempatan untuk melakukan praktik pembuatan slide presentasi PowerPoint sesuai dengan tiap-tiap metode SCL, dan penyiapan bahan ajar berbasis sumber Internet dengan format-format HTML, Word, PDF, Powerpoint, dan Flash.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar