Senin, 27 April 2009

Cara Pemecahan Masalah Matematika oleh Siswa SMA Kelas XI dengan Gaya Belajar Auditorial, Visual, dan Kinestetik

Rahmita Ika Sari, 2009. Cara Pemecahan Masalah Matematika oleh Siswa SMA Kelas XI dengan Gaya Belajar Auditorial, Visual, dan Kinestetik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik memecahkan masalah matematika. Subjek penelitian ada 3 orang siswi SMA kelas XI IPS.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena dalam keadaan yang seadanya. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif, yang berkaitan dengan cara pemecahan masalah oleh subjek visual, auditorial dan kinestetik. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner gaya belajar, observasi ketika proses pembelajaran matematika berlangsung melalui rekaman video, pengumpulan dokumen lembar kerja masing-masing dan perekaman video pada wawancara berdasarkan tugas. Soal yang diberikan terdiri dari 2 masalah yang harus dikerjakan oleh masing-masing subjek, tiap masalah berkaitan dengan kaidah pencacahan untuk siswa SMA kelas XI IPS semester 1 yang disajikan dalam bentuk yang sama. Pengumpulan data berlangsung dalam waktu yang berbeda-beda. Pada tanggal 15, 17 dan 22 September 2008, peneliti mengambil data saat kegiatan pembelajaran matematika dengan rekaman video sebagai data pengamatan tidak langsung. Sedangkan pengumpulan data dengan cara pengisian kuisioner dilakukan pada tanggal 17 September 2008. Selain itu, pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2008 peneliti melakukan wawancara berdasarkan tugas melalui pengamatan langsung dengan rekaman video. Analisis data dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut: (i) transkripsi, (ii) penentuan topik-topik data, (iii) penentuan kategori-kategori data, dan (iv) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian berupa cara-cara pemecahan masalah oleh masing-masing subjek pada tiap-tiap masalah. Selain itu, hasil penelitian ini juga berupa kesamaan dan perbedaan cara pemecahan masalah oleh ketiga subjek pada masalah yang sama. Cara-cara pemecahan masalah ditunjukkan oleh masing-masing subjek sebagai berikut: (i) subjek auditorial memecahkan masalah dengan cara memahami maksud soal. Hal itu dilakukan subjek dengan membaca soal dengan suara perlahan. Kemudian, menyelesaikan masalah soal dan memeriksa pekerjaannya sambil melengkapi jawabannya. (ii) subjek visual memecahkan masalah dengan memahami maksud soal dengan cara membaca dalam hati dan menyajikan secara skema verbal apa yang diketahui dalam soal. Setelah itu, subjek mengeksplorasi berbagai alternatif penyelesaian soal, memeriksa skema yang telah subjek sajikan dan memutuskan untuk menghentikan proses penyelesaian soal, (iii) subjek kinestetik memecahkan masalah dengan cara memahami maksud soal. Pemahaman soal dilakukan dengan cara membaca dalam hati sambil memegang pena untuk menunjuk kata-kata yang dibacanya. Selain itu, subjek juga mencoba untuk menyederhanakan soal menjadi bentuk skema gambar anak panah agar mudah dipahami. Setelah subjek dapat memahami maksud soal, kemudian subjek menyelesaikan masalah soal dengan melakukan operasi perkalian dan penjumlahan, mencari-cari gagasan baru untuk melanjutkan penyelesaiannya, melengkapi penyelesaian soal dan memeriksa kembali penyelesaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar