Selasa, 07 April 2009

Masa Depan Pembelajaran Digital yang Mengandung Paradoks

"The paradoxical future of digital learning"
Mark Warschauer
Learning Inquiry (2007) 1:41–49

Artikel gratis: http://www.springerlink.com/content/v248t7q8t4738487/

Abstrak
Wajah pembelajaran di abad ke-21 akan menjadi medan perdebatan. Hal ini terjadi pada saat masyarakat kita sedang mengarah pada bentuk pascaindustri dalam hal pemerolehan dan produksi pengetahuan, tetapi pada saat yang bersamaan belum selesai mengatasi berbagai kontradiksi dan kegagalan pendidikan di masa industri. Banyak pembaharu pendidikan berpendapat bahwa munculnya berbagai macam teknologi baru akan mengubah secara radikal apa yang dipelajari orang, bagaimana mereka mempelajarinya, dan dimana mereka belajar. Di lain pihak, banyak kajian mengenai penggunaan bentuk-bentuk media baru meragukan akan kecepatan dan jangkauan perubahan tersebut. Tulisan ini mengkritisi keyakinan-keyakinan akan pengaruh pembelajaran digital sebagai faktor sosial, budaya, dan ekonomi dalam menghadapi dan menahan transformasi pendidikan di era digital sekarang ini.

Kata kunci
Teknologi, komputer, internet, digital, pembelajaran

Isi artikel
1. Paradoks 'apa yang perlu dipelajari siswa'
2. Paradoks 'bagaimana siswa belajar'
3. Paradoks 'di mana siswa belajar'
4. Kesimpulan

Susento
7 April 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar