Senin, 20 April 2009

Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran Konsep Bilangan π Menggunakan Metode Team Accelerated Investigation

Atik Maharani (031414040). 2008. Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran Konsep Bilangan π Menggunakan Metode Team Accelerated Investigation. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa dalam pembelajaran konsep bilangan π yang dialami siswa kelas VIII semester 2.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif, di mana data dikumpulkan bersifat kualitatif tentang kegiatan siswa dalam pembelajaran konsep bilangan π. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas VIII semester 2, yang terdiri dari 2 orang siswa putra dan 2 orang siswa putri yang dipilih berdasarkan hasil Pengamatan dalam kegiatan pembelajaran di kelas sebelum penelitian dilaksanakan. Proses pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2007 pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara merekam kegiatan siswa ketika pembelajaran Matematika berlangsung dengan metode Team Accelerated Investigation menggunakan handycam, tape recorder, dan penulis menjadi observer ketika penelitian berlangsung agar data yang terkumpul menjadi lengkap. Analisis data dilakukan dengan melakukan prosedur: (1) transkripsi data rekaman video dan taperecoder, (2) menentukan topik-topik data, dan (3) menentukan kategori-kategori data.

Hasil penelitian berupa deskripsi mengenai kegiatan siswa dalam pembelajaran konsep bilangan π menggunakan metode Team Accelerated Investigation. Metode Team Accelerated Investigation dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu (1) pembentukan kelompok, (2) kerja kelompok, (3) presentasi kelompok, dan (4) penarikan kesimpulan. Dalam pembentukan kelompok, siswa menempatkan diri sesuai dengan kelompoknya. Ketika kerja kelompok yang dilakukan siswa, yaitu mengukur keliling dan diameter benda yang berbentuk lingkaran, menghitung perbandingan antara keliling dan diameternya, dan membuat kesimpulan. Ketika membuat Kesimpulan, siswa berdiskusi dengan anggota lain dalam kelompoknya. Kesimpulannya adalah (i) setiap benda yang berbentuk lingkaran jika keliling dibagi diameter akan menghasilkan pendekatan dari nilai π dan (ii) π bukan merupakan nilai mutlak, π hanyalah pendekatan untuk memudahkan dalam menghitung luas dan keliling lingkaran. Dalam presentasi kelompok, kelompok mempresentasikan hasil yang telah diperoleh. Dalam penarikan kesimpulan, guru menarik kesimpulan tentang bilangan π.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar