Senin, 27 April 2009

Rangkaian Kegiatan Guru dalam Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Penumbuhan Kecakapan Vokasional Siswa SMP

Maria Magdalena Yunika Nugraheni, 2009. Rangkaian Kegiatan Guru dalam Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Penumbuhan Kecakapan Vokasional Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rangkaian kegiatan guru dalam pembelajaran matematika yang mengintegrasikan penumbuhan kecakapan vokasional pada siswa SMP.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap fenomena dalam keadaan yang seadanya. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif, yang berkaitan dengan pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran di kelas dilaksanakan 2 kali. Berdasarkan data tersebut diungkap rangkaian kegiatan guru dalam memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan kecakapan vokasional. Subyek penelitian adalah guru bidang studi matematika kelas VII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo pada saat melakukan kegiatan belajar-mengajar pada topik garis dan sudut. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII selama lima kali pertemuan yang dimulai pada tanggal 15 Agustus 2008 sampai dengan 21 Agustus 2008, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran atau 90 menit. Pengumpulan data diperoleh dengan cara merekam kegiatan pembelajaran menggunakan handy-cam. Data-data yang dihasilkan dianalisis melalui proses analisis data yaitu (1) transkripsi, (2) penentuan topik-topik data, (3) penentuan kategori data, dan (4) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian berupa deskripsi rangkaian kegiatan guru dalam pembelajaran matematika yang mengintegrasikan penumbuhan kecakapan vokasional pada siswa SMP pada topik garis dan sudut tersebut meliputi : (1) Rangkaian kegiatan guru pada pertemuan III dan (2) Rangkaian kegiatan guru pada pertemuan IV. Rangkaian kegiatan guru pada pertemuan III meliputi: (1) Menggali pengalaman siswa berdasarkan LKS 1 dan 2 yang sudah dikerjakan oleh siswa sesuai kegiatan membuat produk kerajinan di sentra produksi, (2) Mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, (3) Membimbing siswa dalam mengerjakan LKS. Sedangkan rangkaian kegiatan guru pada pertemuan IV meliputi: (1) Rangkaian kegiatan mengingatkan siswa tentang pembelajaran pada pertemuan III, (2) Rangkaian kegiatan memfasilitasi siswa memahami materi garis dan sudut, (3) Rangkaian kegiatan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, (4) Rangkaian kegiatan membimbing siswa dalam mengerjakan LKS 3 dan Latihan pada buku paket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar