Senin, 20 April 2009

Kegiatan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD dengan Metode Montessori pada Pokok Bahasan Membaca dan Menulis Lambang Bilangan dengan Bantuan Papan Segu

Esthi Wulandari. 2007. Kegiatan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD dengan Metode Montessori pada Pokok Bahasan Membaca dan Menulis Lambang Bilangan dengan Bantuan Papan Seguin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

ABSTRAK
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan kegiatan dan hasil belajar siswa kelas satu sekolah dasar dengan metode Montessori dan bantuan papan Seguin.

Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah empat orang siswa kelas satu SDN Plawikan Klaten. Data dikumpulkan melalui pelaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan untuk setiap subjek. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung melalui pengamatan oleh seorang observer dari mahasiswa pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma dan pengamatan tak langsung menggunakan alat perekam video handycam dengan menggunakan dua handycam. Data yang diperoleh berupa rekaman video berisi tentang kegiatan pembelajaran yang meliputi tiga pertemuan untuk tiap subjek. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah (i) transkripsi, (ii) penentuan topik-topik data, (iii) penentuan kategori-kategori data, dan (iv) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian berupa deskripsi tentang kegiatan dan hasil belajar siswa yang terjadi selama pembelajaran pada semua tahap pembelajaran yang dimulai dari pengenalan identitas, pengenalan sesuatu yang berbeda-beda, dan membedakan benda-benda yang serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar yang berlangsung menunjukkan adanya interaksi antara pemimpin dan siswa, siswa dan pemimpin, serta siswa dan alat. Pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa telah merasakan kenyamanan belajar sebagai tujuan dari metode Montessori, siswa juga menunjukkan belajar tanpa paksaan dan rasa takut dengan aktif dalam pembelajaran, serta siswa telah melaksanakan latihan fungsi motoris sesuai metode Montessori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar