Minggu, 19 April 2009

Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Penumbuhan Kecakapan Vokasional Siswa SMP

Andriani, Lusia Tri, 2009. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Penumbuhan Kecakapan Vokasional Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran matematika yang mengintegrasikan penumbuhan kecakapan vokasional siswa SMP dengan materi garis dan sudut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan fenomena dalam keadaan yang seadanya. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif, yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber-sumber belajar oleh siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran matematika yang bertujuan mengembangkan kecakapan vokasional dengan materi pelajaran garis dan sudut. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII selama lima kali pertemuan yang dimulai pada tanggal 15 Agustus 2008 sampai tanggal 21 Agustus 2008. Pertemuan pertama dan kedua terjadi di sentra produksi kerajinan. Dua siswa laki-laki berada di sentra produksi kerajinan genteng sedangkan dua siswa perempuan berada di sentra produksi kerajinan caping. Pertemuan ketiga, keempat dan kelima pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Pengumpulan data diperoleh dengan merekam kegiatan pembelajaran menggunakan ‘handy-cam’. Data-data yang dihasilkan dianalisis melalui proses analisis data yaitu (1) transkripsi, (2) penentuan topik-topik data, (3) penentuan kategori data, dan (4) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian terdiri dari uraian mengenai pemanfaatan sumber-sumber belajar oleh siswa dalam pembelajaran matematika yang mengintegrasikan penumbuhan kecakapan vokasional. Pemanfaatan sumber-sumber belajar oleh siswa terdiri dari : (1) narasumber pengusaha genteng yang meliputi : memanfaatkan penjelasan tentang cara membuat produk kerajinan genteng; memperhatikan contoh dan praktik membuat produk kerajinan; memperhatikan arahan narasumber; memanfaatkan bantuan narasumber, (2) narasumber pengusaha caping, meliputi : memperhatikan penjelasan tentang cara membuat produk kerajinan caping; memperhatikan contoh dan praktik narasumber; memperhatikan arahan narasumber; memanfaatkan bantuan; memanfaatkan teguran narasumber tentang kesalahan yang dilakukan subjek; memanfaatkan jawaban narasumber tentang cara menganyam produk kerajinan caping yang dilakukan oleh subjek, (3) guru, meliputi : memperhatikan penjelasan; memanfaatkan jawaban guru dari pertanyaan subjek; memanfaatkan pertanyaan guru dengan menjawab pertanyaan dengan pengalaman yang dimiliki oleh subjek tentang materi garis dan sudut; memanfaatkan pertanyaan guru dengan menjawab pertanyaan dengan bantuan benda atau gambar; menjawab pertanyaan guru dengan bantuan LKS; memberikan alasan atas jawaban pertanyaan guru; menjawab pertanyaan guru dengan menghitung terlebih dahulu, (4) subjek lain, meliputi : memperhatikan cara kerja subjek lain dalam menyelesaikan produk kerajinan caping; memanfaatkan jawaban subjek lain dengan cara bertanya kepada subjek lain; memperhatikan penjelasan subjek lain tentang materi garis dan sudut; berdiskusi dengan subjek lain, (5) pengalaman subjek, meliputi : menceritakan kembali cara membuat produk kerajinan genteng; menceritakan kembali cara membuat produk kerajinan caping, (6) produk kerajinan, meliputi : menceritakan kembali cara membuat produk kerajinan genteng dengan bantuan produk kerajinan genteng; menceritakan kembali cara membuat produk kerajinan caping dengan bantuan produk kerajinan caping; mengerjakan LKS dengan bantuan produk kerajinan genteng; mengerjakan LKS dengan bantuan produk kerajinan caping, (7) bahan cetak, meliputi : membaca LKS dan ini dilakukan untuk membantu memperlancar dalam bercerita tentang cara membuat produk kerajinan caping; membaca LKS YPL dan ini dilakukan untuk membantu memperlancar memahami materi pelajaran; mengerjakan soal-soal pada LKS dan ini dilakukan untuk membantu memperlancar mamahami materi pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar