Rabu, 29 April 2009

Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk:
  • perbaikan proses pembelajaran,
  • peningkatan mutu pembelajaran.
Peranan penting evaluasi pembelajaran:
  • peningkatan efektivitas proses belajar siswa
  • pengembangan profesionalitas guru
Evaluasi pembelajaran dilakukan guru dengan cara meninjau kembali:
  • apa yang sudah berjalan dengan baik?
  • apa yang belum berjalan dengan baik?
  • bagian mana yang masih perlu diperbaiki?
Metode-metode evaluasi pembelajaran:
  1. Evaluasi diri sendiri (self evaluation) oleh guru,
  2. Evaluasi oleh rekan guru (peer evaluation),
  3. Evaluasi oleh siswa (student evaluation),
  4. Lesson study,
  5. Penelitian tindakan kelas.
Evaluasi Diri Sendiri
Evaluasi dilakukan oleh guru dengan langkah-langkah:
  1. Analisis persentase pencapaian KKM: Pencapaian <>
  2. Meninjau kembali pelaksanaan unsur-unsur pembelajaran: materi, metode, kegiatan, media, sumber, penilaian
  3. Merancang perbaikan unsur-unsur
  4. Merevisi RPP yang telah berjalan
  5. Mempertimbangkan kembali RPP yang akan berjalan
Evaluasi oleh Rekan Guru
Evaluasi dilakukan dengan langkah-langkah:
  1. Rekan guru mengobservasi pelaksanaan pembelajaran
  2. Guru yang bersangkutan mendiskusikan hasil observasi dengan rekan guru
  3. Guru merancang perbaikan unsur-unsur pembelajaran
  4. Guru merevisi RPP yang telah berjalan
  5. Guru mempertimbangkan kembali RPP yang akan berjalan
Evaluasi oleh Siswa
Evaluasi dilakukan dengan langkah-langkah:
  1. Siswa mengisi kuesioner penilaian kualitas pelaksanaan pembelajaran
  2. Guru berdialog dengan siswa tentang kualitas pelaksanaan pembelajaran
  3. Guru merancang perbaikan unsur-unsur
  4. Guru merevisi RPP yang telah berjalan
  5. Guru mempertimbangkan kembali RPP yang akan berjalan
Lesson Study
Kegiatan lesson study dilaksanakan oleh guru-guru sebidang/serumpun dengan langkah-langkah:
  1. Saling mengobservasi kegiatan pembelajaran di kelas
  2. Melakukan evaluasi bersama
  3. Mendiskusikan solusi masalah pembelajaran
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
PTK dilakukan guru melalui beberapa siklus kegiatan. Tiap siklus terdiri dari langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
  1. Perumusan masalah pembelajaran
  2. Penyusunan rencana tindakan sebagai solusi masalah tersebut
  3. Pelaksanaan rencana tindakan dalam pembelajaran di kelas. Searang rekan guru sebidang/serumpun diminta melakukan observasi.
  4. Refleksi dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran tersebut
Susento
23 Desember 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar