Senin, 20 April 2009

Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Program Audio Penunjang Pendidikan.

Emelia Yose Purwaningsih. 2007. Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Program Audio Penunjang Pendidikan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan Program Audio Penunjang Pendidikan (PAPP) pada materi pengukuran berat.

Subjek penelitian adalah empat siswa kelas IV SD Negeri Nglaren, Banguntapan, Bantul yang mengikuti pembelajaran Matematika menggunakan PAPP pada materi pengukuran berat. Data berupa rangkaian kegiatan belajar siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh dalam empat pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan tidak langsung oleh peneliti dengan menggunakan handy-cam dan tape-recorder, serta dilakukan pengumpulan hasil pekerjaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: (i) transkripsi data, (ii) topik-topik data, (iii) kategori data, dan (iv) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian berupa deskripsi proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan Program Audio Penunjang Pendidikan. Proses belajar siswa meliputi (i) proses siswa mempersiapkan proses belajar matematika, (ii) proses siswa memahami materi pelajaran, (iii) proses siswa memecahkan masalah atau latihan soal, (iv) kerjasama yang dilakukan siswa selama proses belajar, (v) proses siswa mengerjakan LKS, dan (vi) kegiatan siswa mengoreksi LKS. Hasil belajar siswa meliputi (i) hasil belajar dari proses siswa mempersiapkan proses belajar matematika, (ii) hasil belajar dari proses siswa memahami materi pelajaran, (iii) hasil belajar dari proses siswa memecahkan masalah atau latihan soal, (iv) hasil belajar dari kerjasama yang dilakukan siswa selama proses belajar, (v) hasil belajar dari proses siswa mengerjakan LKS, dan (vi) hasil belajar dari kegiatan siswa mengoreksi LKS. Dari hasil penelitian dapat dilihat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal ketika mendengarkan PAPP atau soal yang dibuat oleh guru. Kesalahan tersebut karena siswa belum memahami konsep, salah menulis soal, atau siswa salah melakukan perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar