Minggu, 19 April 2009

Perkembangan Kemampuan Vokasional dan Kemampuan Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Penumbuhan Kecakapan Vokasional ..

Sulistyaningtyas, Magdalena, 2009. Perkembangan Kemampuan Vokasional dan Kemampuan Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Penumbuhan Kecakapan Vokasional Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan vokasional dan kemampuan matematika siswa dalam pembelajaran matematika yang bertujuan mengembangkan kecakapan vokasional dengan materi garis dan sudut.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif, yang berkaitan dengan perkembangan kemampuan vokasional dan kemampuan matematika siswa dalam pembelajaran matematika yang bertujuan mengembangkan kecakapan vokasional. Subjek penelitian ini adalah empat siswa kelas VII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo, terdiri dari dua subjek putra dan dua subjek putri. Pengumpulan data berlangsung pada tanggal 15 – 21 Agustus 2008, berlangsung selama lima kali pertemuan. Pada pertemuan pertama dan kedua, dua subjek putra membuat produk kerajinan genteng di sentra produksi genteng dan dua subjek putri membuat produk kerajinan caping di sentra produksi caping. Pada pertemuan ketiga dan keempat dilakukan pembelajaran di kelas bersama dengan guru dan keempat subjek. Pada pertemuan kelima diadakan evaluasi yang mencakup keseluruhan materi garis dan sudut yang telah dipelajari. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan cara merekam kegiatan pembelajaran dengan alat bantu handycam. Analisis data dilakukan dengan prosedur : (i) reduksi data yang meliputi transkipsi data rekaman video dan penentuan topik-topik data, (ii) kategorisasi data, dan (iii) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian berupa : perkembangan kemampuan vokasional dan perkembangan kemampuan matematika subjek. Perkembangan kemampuan vokasional yang dialami dua subjek putra dalam membuat produk kerajinan genteng meliputi tahap-tahap perkembangan kemampuan (i) mencetak lempengan tanah, (ii) mencetak genteng, dan (iii) melaksanakan proses pembakaran genteng. Perkembangan kemampuan vokasional yang dialami dua subjek putri dalam membuat produk kerajinan caping meliputi tahap-tahap perkembangan kemampuan (i) menyiapkan bambu sebagai bahan anyaman, (ii) menganyam lapisan caping, dan (iii) menjahit bagian-bagian caping. Perkembangan kemampuan matematika yang dialami keempat subjek secara umum meliputi tahap-tahap perkembangan kemampuan mempelajari (i) garis, (ii) garis sejajar, (iii) garis berpotongan, (iv) sudut, (v) sudut bertolak belakang, (vi) sudut berpelurus, (vii) sudut dalam berseberangan, (viii) sudut luar berseberangan (ix) sudut dalam sepihak, dan (x) sudut sehadap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar