Selasa, 12 Mei 2009

Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidi Penyelesaian SPDLV dengan Metode Substitusi

Yunita Setyaningrum. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidi Dikalangan Siswa Kelas VIII dalam Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Substitusi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (a) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VIII dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi dan (b) cara guru menyajikan pengajaran remidi untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas VIII SLTP N 2 Srandakan Bantul yang sedang mengikuti pembelajaran matematika tentang SPLDV. Pengumpulan data berlangsung selama bulan November 2007 di SLTP N 2 Srandakan Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara tes diagnostik dan wawancara dengan siswa. Proses wawancara antara peneliti dengan subjek ini direkam dengan menggunakan alat bantu berupa handycam, agar data yang diperoleh lebih lengkap. Analisa data dilakukan dengan prosedur: (1) transkripsi data yang diambil dari rekaman wawancara dengan subjek, (2) penentuan topik-topik data dengan cara membandingkan dan mengkontraskan bagian-bagian data dalam transkripsi, (3) penentuan kategori-kategori data dengan cara membandingkan dan mengkontraskan topik-topik data, dan (4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian berupa deskripsi mengenai kesulitan siswa dalam penyelesaikan SPLDV dengan metode substitusi dan pengajaran remidi bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. . Kesulitan siswa dalam penelitian ini terdiri dari : 1). Kesulitan memahami SPLDV, yang meliputi kesulitan dalam menyebutkan / memberikan contoh-contoh persamaan linear, kesulitan dalam memahami suku-suku yang sejenis dan bukan sejenis, kesulitan dalam memahami perbedaan persamaan dengan sistem persamaan, kesulitan menyebutkan ada berapa cara yang digunakan dalam penyelesaian SPLDV; 2). Kesulitan dalam menentukan cara yang digunakan dalam menyelesaikan SPLDV, yang meliputi kesulitan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan bilangan rasional, melakukan operasi hitung penjumlahan suku-suku yang memuat variabel, kesulitan dalam melakukan operasi hitung pengurangan bilangan rasional,
melakukan operasi hitung pengurangan suku-suku yang memuat variabel, melakukan operasi hitung perkalian bilangan rasional, melakukan operasi hitung perkalian suku-suku yang memuat variabel, melakukan operasi hitung pembagian bilangan rasional, menyederhanakan bentuk persamaan, mensubstitusikan persamaan yang satu ke persamaan lainnya, menuliskan penyelesaian SPLDV, mengubah bentuk persamaan. Cara guru melakukan pembelajaran remidi tentang kesulitan siswa dalam penelitian ini dilakukan dengan dengan cara : 1). Memberikan cara membedakan antara bilangan positip dengan bilangan negatip. viiJika bilangan negatip maka siswa mempunyai hutang, tetapi jika bilangan positip maka siswa mempunyai kekayaan yang dapat digunakan untuk membayar hutang tersebut. 2). Memberikan contoh soal misalnya penjumlahan bilangan positip dengan bilangan negatip kemudian memberikan cara yang mudah diterima oleh siswa yaitu dengan menjumlahkan hutang dengan kekayaan. 3). Menjelaskan kembali pengertian persamaan dan pengertian sistem persamaan, memberikan contoh-contoh dan sistem persamaan. 4). Menjelaskan bahwa nilai x atau y pada persamaan pertama bernilai sama dengan nilai x atau y pada persamaan kedua jika kedua persamaan tersebut merupakan suatu sistem persamaan kemudian guru memjelaskan cara mensubstitusikan nilai x atau y ke dalam persamaan. 5). Menjelaskan tentang makna substitusi, menjelaskan cara menyelesaikan soal sistem persamaan linear dengan metode substitusi dan memberikan soal-soal latihan. 6). Memberikan soal-soal latihan kemudian membahas soal-soal latihan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar