Pembelajaran otentik (authentic learning) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa menggali, mendiskusikan, dan membangun secara bermakna konsep-konsep dan hubungan-hubungan, yang melibatkan masalah nyata dan proyek yang relevan dengan siswa (Donovan, Bransford & Pallegrino, 1999). Istilah ‘otentik’ berarti asli, sejati, dan nyata (Webster’s Revised Unabridged Dictionary, 1998).
Pembelajaran ini dapat digunakan untuk siswa pada semua tingkatan kelas, maupun siswa dengan berbagai macam tingkat kemampuan. Prinsip-prinsip pembelajaran otentik:
Pembelajaran ini dapat digunakan untuk siswa pada semua tingkatan kelas, maupun siswa dengan berbagai macam tingkat kemampuan. Prinsip-prinsip pembelajaran otentik:
- Berpusat pada siswa;
- Siswa belajar secara aktif;
- Menggunakan tugas otentik.
- Belajar berpusat pada tugas-tugas otentik yang menggugah rasa ingin tahu siswa. Tugas otentik berupa pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan siswa;
- Siswa terlibat dalam kegiatan menggali dan menyelidiki;
- Belajar bersifat interdisipliner;
- Belajar terkait erat dengan dunia di luar dinding ruang kelas;
- Siswa mengerjakan tugas rumit yang melibatkan kecakapan berpikir tingkat tinggi, seperti menganalisis, mensintesis, merancang, mengolah dan mengevaluasi informasi;
- Siswa menghasilkan produk yang dapat dibagikan kepada audiens di luar kelas;
- Belajar bersifat aktif dan digerakkan oleh siswa sendiri, sedangkan guru, orangtua, dan narasumber bersifat membantu atau mengarahkan;
- Guru menerapkan pemberian topangan (scaffolding), yaitu memberikan bantuan seperlunya saja dan membiarkan siswa bekerja secara bebas manakala mereka sanggup melakukannya sendiri;
- Siswa berkesempatan untuk terlibat dalam wacana dalam masyarakat;
- Siswa bekerja dengan banyak sumber;
- Siswa seringkali bekerja bersama dan mempunyai kesempatan luas untuk berdiskusi dalam rangka memecahkan masalah.
- http://www.ncsu.edu/meridian/win2003/authentic_learning
- http://www.cec.sped.org/AM/Template.cfm?Section=Experiential_Learning&Template=/TaggedPage/TaggedPageDisplay.cfm&TPLID=24&ContentID=4697
- http://pandora.cii.wwu.edu/showcase2001/authentic_learning.htm
Susento
10 Mei 2009
10 Mei 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar