Kamis, 07 Mei 2009

Kegiatan Metakognitif Murid Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Soal-Soal Luas Bangun Datar Gabungan

Bambang Priono. 2008. Kegiatan Metakognitif yang Dilakukan oleh Murid Kelas VI Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika pada Materi Luas Bangun Datar Gabungan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

ABSTRAK
Penelitian dalam skripsi bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan metakognitif yang dilakukan oleh murid kelas VI Sekolah Dasar (SD) dalam memecahkan soal-soal matematika pada materi luas bangun datar gabungan.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian adalah dua orang murid perempuan kelas VI SD Timbul Rejo. Data dikumpulkan melalui wawancara berdasarkan tugas selama enam kali pertemuan dimana masing-masing subjek mengikuti tiga pertemuan. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah (i) transkripsi, (ii) penentuan topik-topik data, (iii) penentuan kategori-kategori data, dan (iv) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana kegiatan metakognitif yang dilakukan oleh subjek. Kegiatan metakognitif tersebut ditunjukkan oleh subjek dengan cara: (i) Memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian soal, (ii) Kembali memperhatikan gambar bangun datar gabungan, (iii) Mengungkapkan beberapa kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya, dan (iv) Mengungkapkan batas kemampuan yang dimiliki.
Kata-kata kunci: Kegiatan metakognitif, luas bangun datar gabungan, SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar