Selasa, 19 Mei 2009

Kepribadian Guru

T. Priyo Widiyanto
Jurnal Penelitian No.21 November 2007

ABSTRAK
Penelitian ini, bertujuan mengungkap profil kepribadian guru ditinjau dari jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan daerah kerja guru. Tentu saja penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi (1) Pengelola persekolahan agar mereka bisa mengelola dan memberdayakan guru secara tepat, dan (2) memberikan gambaran profil kepribadian guru kepada para pengelola Lembaga Pendidikan Tenaga Kependikan agar dapat mendesain kurikulum, dan berbagai paket pelatihan yang sekiranya tepat digunakan untuk mengembangkan kepribadian guru.
Subjek penelitian terdiri dari para guru dari sekolah Katolik. Jumlah subjek penelitian 616 guru mereka tersebar di 4 (empat) daerah kerja, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Analisis data menggunakan dua metode, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data tersebut ditampilkan dalam suatu grafik. Oleh karena itu, perbedaan yang muncul dalam tampilan grafik tidak perlu ditafsirkan berdasarkan taraf signifikansi tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pria dan guru wanita memiliki keunggulan tertentu berkaitan dengan aspek-aspek kepribadiannya. Temuan ini mengajak para pengelola persekolahan atau Depdiknas untuk mempertimbangan keseimbangan antara jumlah guru pria dan wanita. Ditinjau dari tingkat pendidikannya, guru Sarjana memang lebih banyak memiliki aspek kepribadian yang berposisi lebih tinggi daripada guru Non Sarjana. Temuan ini menggarisbawahi perlunya pemerintah mensarjanakan para guru.
Berkaitan dengan daerah kerja, ternyata guru-guru di Solo memiliki aspek kepribadian yang lebih banyak memiliki posisi lebih tinggi daripada guru-guru dari daerah kerja Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Ada temuan lain yang mengundang pertanyaan, yaitu mengapa guru-guru di Solo memiliki Rasa Percaya Diri yang rendah dibandingkan dengan 3 (tiga) daerah kerja lainnya? Dan mengapa guru-guru di Surabaya tidak memiliki 1 (satu) aspek kepribadian pun yang memiliki posisi lebih tinggi dari aspek-aspek kepribadian guru dari 3 (tiga) daerah kerja lainnya?
Penelitian ini merupakan penelitian awal yang perlu ditindak lanjuti dengan penelitian lain sehingga penelitian yang berkaitan dengan dunia pendidikan terus berkembang.

Kata Kunci: Kepribadian, Aspek, Kuantitatif, Kualitatif, EPPS, Proyektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar