Selasa, 12 Mei 2009

Kegiatan Guru Memfasilitasi Proses Belajar Siswa Kelas I SD dengan Metode Montessori

V. Wahyu Dwi Setyowati. Universitas Sanata Dharma, 2008. Skripsi: Kegiatan Guru Memfasilitasi Proses Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar Dengan Metode Montessori Pada Pokok Bahasan Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Dengan Bantuan Papan Seguin.

ABSTRAK
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan kegiatan guru dalam memfasilitasi proses belajar siswa kelas I SD dengan metode Montessori dan bantuan papan Seguin.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif deskriptif, yang berusaha mengungkapkan fenomena yang ada dalam keadaan yang sebenarnya. Fenomena yang dimaksud adalah kegiatan guru memfasilitasi proses belajar siswa kelas I Sekolah Dasar dengan metode Montessori pada pokok bahasan membaca dan menulis lambang bilangan dengan bantuan papan seguin. Data yang dikumpulkan berupa kegiatan guru yang terjadi selama pembelajaran matematika dengan pokok bahasan membaca dan menulis lambang bilangan di SD Negeri Plawikan Klaten kelas I. Subjek penelitian adalah seorang guru matematika di kelas I Sekolah Dasar, dalam hal ini yang menjadi guru adalah saudara Esthi Wulandari yang juga merupakan mahasiswa pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan secara langsung ketika proses pembelajaran berlangsung dan perekaman video dengan handycam. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah yaitu: (i) transkripsi, (ii) penentuan topik-topik data, (iii) penentuan kategori-kategori data.
Hasil penelitian berupa deskripsi tentang kegiatan guru memfasilitasi proses belajar siswa dengan metode Montessori pada pokok bahasan membaca dan menulis lambang bilangan. Kegiatan guru dalam memfasilitasi proses belajar siswa adalah sebagai berikut : (i) memusatkan perhatian siswa, (ii) memberi
pengasuhan, (iii) memperlihatkan cara penggunaan alat, dan (iv) mengoreksi hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar