Jumat, 08 Mei 2009

Persiapan Bersekolah: Pengkajian Sistem Keyakinan Para Pendidik Anak Usia Dini

"Getting Ready for School: An Examination of Early Childhood Educators’ Belief Systems"
Sandraluz Lara-Cinisomo, Allison Sidle Fuligni, Sharon Ritchie, Carollee Howes, & Lynn Karoly
Early Childhood Education Journal (2008): Vol. 35: 343-349

Artikel gratis:
http://www.springerlink.com/content/0887r0558068u418/

Abstrak
Penelitian ini mengkaji keyakinan para pendidik anak usia dini mengenai apa yang paling dibutuhkan anak sebelum masuk taman kanak-kanak. Wawancara kelompok fokus dilakukan terhadap para pendidik dari 3 macam lingkungan belajar: program PAUD dalam masyarakat, program PAUD swasta, dan pusat penitipan anak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Para pendidik dari semua lingkungan belajar itu sepakat bahwa membantu anak untuk siap bersekolah perlu dilakukan dalam 3 tingkatan: anak, rumah, dan guru. Pada tingkat anak, anak perlu siap secara fisik dan emosional untuk terlibat dengan anak lain dan berpartisipasi dalam kegiatan belajar. Pada tingkat rumah, anak perlu disiapkan secara emosional untuk mengahadapi transisi dari rumah ke sekolah, yaitu dengan menciptakan lingkungan rumah yang dapat mengembangkan belajar anak. Pada tingkat guru, diperlukan adanya hubungan kerjasama antara guru dan orangtua. Perbedaan pandangan di antara para pendidik dari 3 macam lingkungan belajar juga dibahas.

Kata-kata kunci

Kesiapan bersekolah, pengasuhan anak, guru, sistem keyakinan

Susento
9 Mei 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar