Selasa, 12 Mei 2009

Upaya Guru Meningkatkan Peran Aktif Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Estri Wahyu Widayati, 2008. Upaya Guru Meningkatkan Peran Aktif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

ABSTRAK
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan peran aktif siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan topik unsur-unsur lingkaran dan besaran-besaran yang terkait dalam unsur-unsur lingkaran dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha mengungkapkan fenomena yang ada dalam keadaan yang sebenarnya. Data yang dikumpulkan berupa kegiatan yang terjadi selama pembelajaran matematika dengan topik lingkaran di SMP Pangudi Luhur Gantiwarno pada kelas VIIIA. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VIII di SMP tersebut. Pengumpulan data dilaksanakan mulai tanggal 16 April sampai dengan tanggal 19 April 2007 pada kelas VIIIA di SMP Pangudi Luhur Gantiwarno. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan secara langsung ketika proses pembelajaran berlangsung, perekaman video dengan handycam dan perekaman suara dengan mengunakan tape recorder. Data analisis dengan langkah-langkah yaitu: (i) transkripsi, (ii) penentuan topik-topik data, (iii) penentuan kategori-kategori data.
Hasil penelitian berupa upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran matematika dengan topik unsur-unsur lingkaran dan besaran-besaran yang terkait dalam unsur-unsur lingkaran dengan model kooperaif tipe STAD. Upaya guru meningkatkan peran aktif siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD terbagi menjadi 4 tahap yaitu guru mempresentasikan materi dengan melibatkan siswa, kerja kelompok, presentasi kelompok dan kuis individu. Upaya guru meningkatkan peran aktif siswa pada tahap presentasi guru yang melibatkan siswa yaitu: guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran, guru bertanya pada semua siswa, guru membahas jawaban yang diberikan oleh siswa, dan memberikan perhatian pada siswa, memberikan nasehat pada semua siswa. Pada tahap kerja kelompok, upaya guru meningkatkan peran aktif siswa pada tahap kerja kelompok yaitu: membimbing kelompok dalam mengerjakan soal diskusi, guru memberikan perhatian pada semua siswa, guru mengulang jawaban siswa. Tahap presentasi kelompok, upaya guru meningkatkan peran aktif siswa yaitu: guru memberikan kesempatan pada kelompok, guru menanggapi hasil diskusi dan guru perhatian siswa. Pada tahap kuis, upaya guru meningkatkan peran aktif siswa yaitu guru menjelaskan peraturan kuis, memberikan perhatian pada siswa, memberi kesempatan pada semua siswa, membimbing siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar