Selasa, 19 Mei 2009

Minat dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Fisika USD untuk Menjadi Guru dan Perkembangannya

Paul Suparno
Jurnal Penelitian No.17, November 2005

ABSTRAK
Studi ini meneliti minat dan motivasi mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta untuk menjadi guru fisika dan bagaimana mereka mengembangkan minat selama di USD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasinya adalah semua mahasiswa pendidikan fisika tahun ajaran 2004/2005. Sampel yang diambil adalah 116 mahasiswa semester II, IV, VI, VIII dengan rincian 40 mahasiswa semester II; 30 mahasiswa semester IV; 24 mahasiswa semester VI; dan 22 mahasiswa semester VIII. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 15 pertanyaan, yang mengungkapkan minat, motivasi, dan kegiatan yang mengembangkan minat mahasiswa. Dari data yang diamati dapat disimpulkan bahwa (1) minat awal mahasiswa untuk menjadi guru kurang tinggi; (2) minat mahasiswa sesudah menjalani proses pendidikan di USD bertambah secara signifikan; (3) motivasi utama mahasiswa masuk prodi Pendidikan Fisika USD ingin cepat selesai studi dan bekerja; dan (4) hal yang menurut mahasiswa banyak mengembangkan minat dan profesionalitas menjadi guru adalah kuliah fisika, kuliah pendidikan, PPL, guru dan teman.

Kata kunci: minat, motivasi, calon guru fisika, prodi pendidikan fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar